Jasa Edit Foto Pakai Jas Termurah Selengkapnya

Table of Content

Cara Membuat Watermark Pada e-KTP Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Watermark Pada e-KTP di Galeri Hp Cara yang termudah saat me watermark foto yaitu kita tidak perlu mendownload aplikasi
Cara Membuat Watermark Pada e-KTP

Cara Membuat Watermark Pada e-KTP Tanpa Aplikasi

Editor Keren - Karena saat ini banyak nya permintaan dan verifikasi dari berbagai sumber untuk dimintai data atau keterangan berupa E-KTP, namun adapula oknum yang tidak bertanggung jawab atas kejadian ini. Salah satunya yaitu menyalah gunakan e-KTP orang lain dengan tidak bijak.

Seperti pada salah satu postingan yang diumumkan oleh Kominfo beberapa bulan yang lalu. Dimana jika kita dimintai foto e-KTP diharuskan untuk memberinya watermark.


Watermark itu sendiri yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah tanda air. Maksudnya menandakan pada salah satu foto atau video original milik kita.

Dimana kita adalah pemilik hak cipta atas foto atau video original tersebut. Jika kamu pernah melihat sebuah foto atau video namun dipinggiran atau ditengahnya ada tulisan dan logo yang kadang menghalangi layar, nah itulah watermark.

Watermark pun terkadang jika pada sebuah video bisa berupa sebuah hitungan waktu. Seperti yang sering kita lihat pada setiap video Podcast Dedy Corbuzier, itu dikarenakan sering banyak oknum yang memotong video hanya pada detik atau menit-menit tertentu saja yang terkadang dapat merugikan.

Nah itu dia sedikit tentang Watermark. Setelah kita mengetahui apa dan macam-macam watermark pada foto dan video, selanjutnya kita akan ke pembahasan utama Cara Membuat Watermark Pada e-KTP. Baca tutorial dibawah ini sampai habis supaya kamu mudah mengaplikasikan

Cara Membuat Watermark Pada e-KTP di Galeri Hp

Cara yang termudah saat me watermark foto yaitu kita tidak perlu mendownload aplikasi hanya untuk menandai atau me watermark e-KTP dan lain-lain.

Kita bisa langsung melakukan nya melalui galeri smartphone kita sendiri. Karena saya rasa rata-rata smartphone jaman sekarang sudah mendukung pengeditan foto simpel langsung pada galeri hp, apalagi hanya membuat tulisan saja.

Namun mungkin ada juga yang belum mengetahuinya. Baik langsung saja, setelah kita memfoto e-KTP kita, buka pada galeri hp.

Cara Membuat Watermark Pada e-KTP Tanpa Aplikasi

1. Buka Galeri Hp

Setelah itu pada menu di foto kita, pilih ubah atau edit seperti gambar dibawah ini. Karena hp yang saya gunakan yaitu hp Xiaomi
Cara Membuat Watermark Pada e-KTP Tanpa Aplikasi


2. Pilih Text

Cara Membuat Watermark Pada e-KTP Tanpa Aplikasi

Lalu pilih text atau tulisan seperti gambar di atas. Dimana kita akan mengedit gambar dengan format teks.

3. Masukan Tulisan

Selanjutnya masukan tulisan atau watermark berupa keterangan seperti contoh di bawah ini dengan tulisan TGL SCAN 08/09/2021 UNTUK E-WALLET

Cara Membuat Watermark Pada e-KTP Tanpa Aplikasi

Lalu atur warna tulisan, transparansi serta bentuk dan penempatan watermark itu sendiri. Usahakan watermark disimpan dipojok kanan bawah, agar watermark tidak menghalangi gambar atau tulisan original dari e-KTP itu sendiri

4. Selesai

Jika sudah selesai silahkan tap ceklis, biasanya berada di pojok kanan atas layar. Contohnya seperti gambar dibawah ini

Cara Membuat Watermark Pada e-KTP Tanpa Aplikasi

Warna watermark berbeda, jelas dan tidak menghalangi gambar dari e-KTP.

Penutup

Nah, itu dia Cara Membuat Watermark Pada e-KTP sobat Android Editing Tutorial sekalian. Bagi kawula muda atau milenial mungkin hal seperti ini mudah dilakukan diluar kepala, tanpa tutorial pun bisa

Namun artikel Cara Membuat Watermark Pada e-KTP pun dibuat mungkin ada orang tua kita yang belum tau.

Sebenarnya tidak dengan edit di hp pun bisa, yaitu dengan memberinya tulisan pada kertas saat e-KTP itu hendak di foto. Contohnya seperti pada postingan Instagram Kominfo diatas.

Memberi watermark pada berkas mungkin terlihat sepele atau berlebihan, namun apa salahnya kita meningkatkan kewaspadaan. Apalagi pada dunia digital seperti sekarang ini.

Semoga artikel ini bermanfaat. Support kami dengan cara membagikan artikel ini atau subscribe pada channel YouTube kami Android Editing Tutorial. Sampai jumpa pada tutorial kami selanjutnya!

Cara Membuat Watermark Pada e-KTP


Post a Comment