Jasa Edit Foto Ganti Wajah Cepat Realistis Selengkapnya

Table of Content

Ketahui Daftar SMK Tata Busana di Jakarta Serta Prospek Kerjanya!

Sekolah SMK Tata Busana di Jakarta yang menjadi pilihan terbaik bagi para pelajar dengan prospek kerja yang tinggi.
Ketahui Daftar SMK Tata Busana di Jakarta Serta Prospek Kerjanya!

SMK tata busana di Jakarta menjadi jurusan yang paling banyak dipilih oleh para siswa yang berminat pada penataan busana. Selain itu jurusan ini jadi yang tertua sejak masa kolonial Belanda, sehingga jadi jurusan terfavorit. Untuk lebih lengkapnya, simak berikut ini ulasannya yaitu:


Daftar SMK Tata Busana di Jakarta

Memiliki minat yang tinggi pada busana, tentu bisa memilih SMK sebagai pilihan. Terlebih lagi jika memiliki bakat di bidang tata busana, skill tersebut dapat dilatih di sekolah. Berikut beberapa daftar sekolah SMK yang bisa menjadi pilihan yaitu:

  • SMKN 38 Jakarta Pusat
  • SMKN 24 Jakarta Timur
  • Selanjutnya SMKN 32 Jakarta Selatan
  • SMKN 37 Jakarta Selatan
  • SMKN 33 Jakarta Utara
  • Kemudian SMKN 30 Jakarta Selatan
  • SMKN 27 Jakarta Pusat

Berdasarkan nama-nama sekolah yang telah disebutkan, semuanya adalah sekolah dengan jurusan terbaik. Tenaga pendidik yang mengajar pun merupakan SDM yang telah teruji. Hal tersebut bisa dilihat pada setiap lulusan yang memiliki nilai dan prestasi yang baik.


Pelajaran Apa yang Diajarkan Pada Jurusan Tata Busana?

Menjadi jurusan yang paling banyak dipilih, tata busana banyak terdapat di beberapa sekolah negeri Jakarta. SMK Tata busana di Jakarta bisa menjadi alternatif sekolah pilihan. Bagi yang bertanya-tanya pelajaran apa yang akan dipelajari, SMK tentu akan belajar ilmu pengetahuan.

Hampir serupa dengan sekolah SMA lainnya ilmu pengetahuan umum pun diajarkan di SMK. Namun di SMK akan lebih banyak penekanan pada teknik serta pengetahuan dasar terkait jahit-menjahit. Memungkinkan setiap siswa akan menghasilkan produk.

Para siswa juga akan belajar terkait bagaimana membuat pakaian, serta melakukan perbaikan. Cara mengolah bahan serta mengaplikasikan busana sehingga terlihat menarik pun akan diajarkan di sekolah. Hasil akhir yang biasanya ditampilkan yaitu penyelenggaraan fashion show yang nantinya menjadi proyek akhir.


Prospek Lulusan SMK Tata Busana di Jakarta

Setiap lulusan SMK tata busana yang telah menyelesaikan pendidikannya tentu berkesempatan untuk bekerja dan mengembangkan karir. Mengingat setiap jurusan memiliki peluang dan prospeknya tersendiri. Simak berikut ini prospek kerja yang dapat diketahui di antaranya yaitu:

1. Fashion Stylist

Prospek kerja yang pertama bagi para lulusan SMK tata busana adalah menjadi seorang fashion stylist. Bagi yang berminat untuk menekuni bidang ini nantinya bertugas menata tampilan seseorang. Intinya bertugas untuk membuat visual keseluruhan terlihat menarik.

Para fashion stylist biasanya banyak mengembangkan karir di beberapa bidang. Hal tersebut dapat dijumpai pada media, contohnya televisi, majalah serta periklanan. Umumnya tugas utama yang dikerjakan adalah untuk menata tampilan seorang figur.

2. Visual Merchandiser

Prospek kerja yang banyak terbuka lebar salah satunya adalah visual merchandiser. Seorang yang bertugas pada perusahaan besar atau ritel dengan tugas pokok menata display window toko. Hal ini dilakukan untuk membuat pelanggan tertarik untuk membeli setiap produk.

3. Desainer Fashion

Selanjutnya, prospek kerja yang dapat ditekuni adalah menjadi seorang desainer fashion. Tugas dari desainer tentu saja merancang pakaian atau busana. Tidak hanya itu, seorang desainer juga dapat melebarkan karirnya dengan membuat sebuah produk fashion dengan merek sendiri.


4. Desainer Garmen

Hampir serupa dengan desainer Fashion, seorang desainer garmen pun bertugas untuk merancang busana. Namun hal yang membuatnya berbeda yaitu busana yang dirancang dalam jumlah banyak atau massal. Memungkinkan perancangan busana harus dapat digunakan oleh orang banyak.

5. Desainer Tekstil

Ketika belajar di bangku sekolah, materi pembuatan motif sudah diajarkan bukan? Pembelajaran tersebut sangat penting membentuk siswa untuk dapat berkarir menjadi seorang desainer tekstil. Pasalnya pekerjaan yang satu ini mengharuskan seseorang memvisualkan bahan menjadi sebuah produk.

6. Konsultasi Fashion

Menjadi seseorang yang paham akan tata busana, keluaran dari SMK jua dapat berkarir menjadi seorang konsultan fashion. Hal ini sesuai dengan kemampuan yang telah dipelajari di sekolah terkait padu padan busana. Biasanya konsultan dibutuhkan pelanggan dalam memilih rancangan sebuah busana.

Itulah pembahasan terkait SMK Tata Busana di Jakarta beserta dengan prospek kerja yang ada. Berdasarkan penjelasan yang telah disebutkan, prospek kerja dari lulusan tersebut tentu diseimbangkan dengan kemampuan personal setiap individu. Oleh sebab itu belajar dengan sungguh-sungguh adalah kuncinya.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar