Jasa Edit Foto Pakai Jas Termurah Selengkapnya

Table of Content

Jurusan Bisnis Digital di Bandung Sebenarnya Belajar Apa?

Ketahui apa saja sebenarnya yang dipelajari oleh jurusan bisnis digital di Bandung sehingga Anda dapat menjadikannya acuan sebelum masuk kesana
Jurusan Bisnis Digital di Bandung Sebenarnya Belajar Apa?

Belum lama ini dibuka jurusan bisnis digital di Bandung tepatnya universitas padjadjaran. Ya, jurusan ini sepertinya sedang hype karena paling relate dengan kehidupan modern era digital saat ini.

Peminat dari jurusan tersebut juga cukup banyak dimana notabene masih baru dua tahun berdiri. Banyak juga yang meragukan tentang kemampuan output ketika sudah menyelesaikan pendidikan disana.

Oleh karena itu kami akan bahas secara detail sebenarnya apa yang mereka pelajari di sana. Apakah hanya sekedar gimmick untuk menarik minat mahasiswa baru, atau memang fungsional masa depannya.

Kita tidak boleh lupa bahwa di Indonesia sendiri cukup banyak jurusan yang hanya hype tanpa output jelas. Tanpa bermaksud mendiskreditkan pihak manapun, terkadang mahasiswa justru tidak fokus pada jurusannya.

Apa yang mereka ekspektasikan dari pendidikan tersebut ternyata ketika lulus jauh di luar bayangannya. Oleh karena itu kita harus menggali dulu seperti apa studi ini sehingga mampu menelaah secara bijak.


Jurusan Bisnis Digital Belajar Apa ?

Ini adalah salah satu pertanyaan terbesar bagi para calon mahasiswa yang mengetahui jurusan bisnis digital di Bandung. Karena kata bisnis dan digital beberapa tahun lalu memang tidak ada relevansinya.

Namun sekarang tuntutan zaman sudah berbeda dan kedua topik tersebut menjadi sebuah hubungan tidak terpisahkan. Secara umum ini adalah perpaduan antara hukum, bisnis, dan ekonomi digital.

Jadi bagi Anda yang sudah pernah kuliah tentu saja tidak bertanya jurusan bisnis digital belajar apa. Bagi yang belum pernah kuliah jangan khawatir karena akan kami jelaskan materi apa studinya.

1. Hukum

Ketika menjalankan sebuah bisnis jelas Anda perlu memahami hukum korporasi. Secara umum ini akan memberikan pengetahuan untuk setidaknya mampu menjadi paralegal skala individu.

Jadi nantinya Anda bisa mengetahui manuver bisnis apa yang legal atau tidak berisiko bersinggungan dengan hukum. Pengetahuan tersebut tentu sekarang menjadi fundamental di tengah keterbukaan informasi.

2. Bisnis (pengantar, matematik, etika, dan lainnya)

Tidak jauh berbeda jurusan bisnis digital di Bandung sudah pasti mempelajari topik ini. Apa jadinya jika Anda tidak mengetahui fundamental baik kalkulatif maupun logis terkait aspek itu.

Jadi ini akan menjadi salah satu bekal ketika lulus nanti agar bisa terjun ke lapangan langsung. Tanpa modal pengetahuan tersebut tentu saja akan sulit bagi Anda untuk bersaing memperebutkan posisi.

3. Statistik, e-marketing, database

Ini adalah bekal yang juga tidak boleh dipandang sebelah mata bagi para pengampu program studi tersebut. Materi disini memang berat sehingga tidak dapat dianggap sebelah mata.

Ketiga poin tersebut hanya gambaran secara umum saja, lebih detailnya Anda bisa lihat sendiri di kampus terkait. Jadi secara umum memang sulit jurusan ini karena memadukan berbagai disiplin ilmu sekaligus.


Prospek Kerja Lulusan Jurusan Bisnis Digital di Bandung

Jika sudah mengetahui seperti apa materi pasti sekarang Anda bertanya apa prospek kerjanya. Pandangan seperti itu sebenarnya sempit dan harus dihilangkan karena ini bukan acuan paten dalam mencari kerja.

Sebenarnya jika Anda kuliah jurusan bisnis digital di Bandung akan menghasilkan pribadi dengan kemampuan jack of all trade. Artinya seseorang yang memiliki banyak kemampuan penting untuk dijual.

Namun masalahnya dengan konsep jack of all trade tersebut sering diikuti dengan master of nothing. Artinya seseorang bisa banyak hal namun tidak memiliki keahlian expert di bidang lebih spesifik.

Kembali lagi pada prospek kita lihat secara realistis saja ada beberapa kemungkinan profesi diambil. Berikut ini akan kami jelaskan dengan detailnya sehingga Anda memahami kenapa harus profesi tersebut.

1. Bagian penjualan (marketing, sales)

Jangan harap Anda akan langsung diangkat sebagai seorang manajer penjualan di perusahaan. Kebanyakan fresh graduate jurusan bisnis digital di Bandung harus berjuang di lapangan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi nyata.

2. Analis bisnis

Meskipun kalah dengan orang dari jurusan statistika, namun setidaknya di sini Anda masih bisa bersaing. Dengan kemampuan marketing tentu bisa mendapatkan lebih banyak klien dengan modal ilmu tadi.


3. Influencer 

Dengan kemampuan komunikasi, pendekatan bisnis, dan pembuatan persona ini adalah karir tepat. Dengan semua ilmu yang dipelajari dari jurusan bisnis digital menjadi influencer adalah hal mudah.

Namun tentu saja Anda harus membuat persona unik yang menarik banyak peminat. Apalagi ketika didukung dengan kualitas estetika biologis dari diri sendiri sehingga orang semakin terpukau.

Dengan semua informasi tadi tentu sekarang Anda menjadi semakin paham dengan jurusannya. Jadi jurusan bisnis digital di Bandung tidak hanya sekedar gimmick namun mampu mencetak pekerja handal.

Posting Komentar