Jasa Edit Foto Pakai Jas Termurah Selengkapnya

Table of Content

Ketahui Cara Mengecilkan Suara di Adobe Premiere

artikel ini berisi tutorial cara mengecilkan suara di Adobe Premiere baik pada sebagian dengan durasi tertentu maupun keseluruhan.
Cara mengecilkan suara di Adobe Premiere menjadi ilmu yang perlu dipelajari terutama para video editor. Adobe premiere sendiri merupakan sebuah software yang sangat populer andalan untuk para editor video baik para pemula maupun yang sudah profesional. Penggunaannya telah menyebar di berbagai kalangan editor.

Namun untuk dapat mengoperasikan tentu dibutuhkan keterampilan menggunakannya. Salah satunya terkait menyunting bagian volumenya. Audio sendiri memiliki peran penting untuk menghidupkan cerita pada video. 

Tanpa audio, video akan memutar cerita yang kurang hidup. Sedangkan volume terlalu kecil tentu akan membuat video membosankan. Namun audio yang terlalu keras juga akan mengganggu penonton sehingga mereka merasa tidak nyaman. 

Beberapa kasus juga sebab suara yang hanya sebagai background perlu dikecilkan agar tidak menganggu video utama. Oleh karenanya ada kalanya editor perlu melakukan penyuntingan terkait mengurangi volume pada video editannya. Simak penjelasan cara mengecilkan suara di Adobe Premiere dari kami pada artikel berikut ini.


Cara Mengecilkan Suara di Adobe Premiere Sebagian saja

Adakalanya editor video menemukan kasus untuk menyunting sebagian part untuk dikecilkan volumenya dan dibagian lain tetap atau bahkan justru dibesarkan kembali. Tentu saja ini hal yang sangat mungkin dan dapat dilakukan dalam software Adobe Premiere.

Ketahui Cara Mengecilkan Suara di Adobe Premiere

Singkatnya, pengaturan suara audio dapat disesuaikan pada audio yang akan Anda pilih. Oleh sebab itu bila Anda sebagai editornya maka kunci pekerjaan ini terdapat pada pengaturan durasinya. Beberapa langkah yang dapat ditempuh sebagai cara mengecilkan suara di Adobe Premiere yaitu.

  1. Buka software dan video yang akan diedit terkait volumenya
  2. Lakukan pemilihan penambahan audio melalui menu opsi insert
  3. Pilih file audio dari folder penyimpanan yang akan ditambahkan
  4. Klik bar tampilan audio file pada software
  5. Lanjutkan ke tab bagian effect controls
  6. Klik volume pada bagian audio effects
  7. Pilih ikon panah di bagian opsi level
  8. Kemudian geser bagian time play hingga pada menit serta detik yang diinginkan (sebaiknya sebelumnya telah dicek dengan teliti bagian durasinya agar hasil sesuai keinginan)
  9. Setelah durasi dan letak audio telah diatur maka klik keyframe pada opsi level
  10. Tahan dan geser sesuai level yang diinginkan pada keyframe

Kini hasil pengaturan suara dapat disimpan. Bila ingin mengulanginya cara mengecilkan suara di Adobe Premiere maka lakukan langkah di atas pada bagian lain yang ingin dikecilkan lagi suaranya.


Cara Mengecilkan Suara di Adobe Premiere Secara Keseluruhan 

Sementara beberapa video kebanyakan membutuhkan satu audio sebagai background suaranya. Misalnya saja, bila ada para konten kreator yang membuat karya video youtube dengan latar belakang suara sama tentu akan membutuhkan editing macam ini.

Untuk kasus inilah menjadi dibutuhkan pengaturan volume yang sama disapanjang video. Sehingga cara mengecilkan suara di Adobe Premiere secara keseluruhan dapat mengikuti langkah berikut ini agar tidak merasa kebingungan.

  1. Buka aplikasi Adobe Premiere 
  2. Tambahkan video yang akan diedit dari menu import (video sudah mengalami proses edit dan hanya membutuhkan pengaturan suaranya)
  3. Siapkan audio yang akan ditambahkan pada video
  4. Insert audio lalu pilih lokasi tempat penyimpanan (maka akan muncul pada tampilan jika suara berhasil ditambahkan)
  5. Klik pada tampilan tersebut agar audio ter-highlight
  6. Cek tab pada effect controls dan pilih bagian volumenya
  7. Beberapa konfigurasi suara akan ditampilkan bagian yang telah di select.
  8. Klik panah pada bagian opsi levelnya
  9. Lalu tampilan bar pengatur suara akan muncul dan bisa digeser untuk membesarkan maupun mengecilkan audio.
  10. Sehingga cara mengecilkan suara di Adobe Premiere dengan menggeser bar pengaturan volume ke arah mengurangi

Pengaturan suara ini akan diterapkan pada audio yang dipilih untuk keseluruhan video secara konsisten. Jika level suara di angka 50 maka hingga akhir akan memiliki angka yang sama. 

Bila Anda ingin mengolah besar kecilnya audio pada editing dengan software Adobe Premiere sebaiknya tentukan terlebih dahulu durasi dan letak dari audio tersebut. Kini Anda telah mengetahui cara mengecilkan suara di Adobe Premiere dengan mudah dan dapat mempraktikkannya.

Posting Komentar