Jasa Edit Foto Pakai Jas Termurah Selengkapnya

Table of Content

Adakah Cara Mengembalikan Youtube Yang Terhapus?

Berikut tutorial cara mengembalikan youtube yang terhapus untuk dapat dipulihkan kembali dan menjadi publik.
Halo youtubers, bertemu lagi dengan outor creative. Pada artikel tutorial kali ini kami akan membagikan cara bagaimana mengembalikan konten youtube yang sebelumnya mungkin pernah hilang atau di sembunyikan.

Pada settingan YouTube itu sendiri sebenarnya terdapat pengaturan dimana kita dapat secara masal menyembunyikan akun hingga konten yang ada pada channel YouTube kita.

Dan juga kita dapat menghapus secara permanen akun YouTube kita.

Saya pun pernah mencobanya, namun jika saya menghapus nya secara permanen sepertinya sangat terlalu di sayangkan. Kecuali konten tersebut benar-benar bermasalah.

Sebelum kita mengetahui  cara mengembalikan youtube yang terhapus, disini saya akan membagikan cara bagaimana menyembunyikan akun atau channel YouTube kita dari publik bahkan tidak dapat ditemukan di pencarian oleh publik, kecuali oleh kita sendiri.


Cara Menyembunyikan Channel YouTube

Cara Mengembalikan Youtube Yang Terhapus
image: freepik.com

1. Kunjungi Studio YouTube

Pertama, silahkan kunjungi Studio YouTube dengan browser atau Chrome. Jangan menggunakan studio youtube versi aplikasi atau langsung dari aplikasi youtube nya, karena fitur ini hanya tersedia di studio youtube versi browser.

2. Buka Setting ⚙️

Setelah berada di studio youtube browser, kalian bisa menggunakan laptop / hp. Yang penting dibuka dari browser.

Pada menu beranda terdapat ikon setting atau pengaturan. Silahkan klik ikon atau menu tersebut.

Lalu akan muncul menu dengan pop-up dan banyak settingan yang bisa kita atur. Contohnya seperti gambar dibawah ini

Cara Mengembalikan Youtube Yang Terhapus

Lalu pilih menu Channel dan pilih tab menu Setelan Lanjutan dan scroll sampai ke bawah. Maka akan ada 2 setelan lainnya yaitu; Kelola Akun YouTube dan Hapus Konten YouTube.

3. Pilih Hapus Konten YouTube

Maka kita akan dibawa ke tab baru. Dan untuk melanjutkannya kita harus memverifikasi terlebih dahulu akun google kita dengan memasukkan password/kata sandi.

Jika sudah berhasil, maka akan ada 2 menu pilihan yang bisa kita pilih, yaitu antara Saya ingin menyembunyikan konten dan Saya ingin menghapus konten secara permanen.

Pilih saja sesuai kebutuhan, apakah ingin menghapus nya secara permanen atau hanya ingin disembunyikan saja.

Centang pilihan dibawah nya opsi yang ingin kalian terapkan. Jika sudah yakin dengan keputusan kalian, tap tombol berwarna biru dibawahnya.

Tunggu loading beberapa saat, maka permintaan kalian telah diproses. 

Selanjutnya tutup halaman tersebut dan kembali ke beranda YouTube Studio. Tunggu beberapa hari maka channel YouTube kita tidak akan muncul kembali di pencarian manapun.


Cara Mengembalikan YouTube Yang Terhapus

Oke setelah kita mengetahui cara bagaimana menghapus dan menyembunyikan channel dan konten YouTube, selanjutnya kita akan memulihkan kembali akun YouTube yang telah kita hilangkan tadi. Caranya simak dibawah ini
  1. Buka Aplikasi YouTube Studio
  2. Pilih salah satu video
  3. Pilih edit video
  4. Ubah Visibilitas menjadi publik

Akhir Kata

Baiklah sobat outor, mungkin itulah cara mengembalikan youtube yang terhapus dan cara menghapus atau menyembunyikan channel YouTube.

Jika video/channel YouTube sobat sudah terlanjur terhapus secara permanen dari YouTube, sepertinya kita sudah tidak bisa kembali memulihkan akun channel dan video youtube, karena kita sudah menghapus nya secara permanen.

Maka dari itu, sebelum memutuskan menghapusnya, alangkah lebih baik kita pikirkan secara matang-matang. Karena ketika channel YouTube telah kita hapus permanen, maka kita tidak akan pernah kembali bisa mengembalikannya.

Kecuali jika channel YouTube hanya kita sembunyikan saja. Maka caranya kita tinggal le aplikasi YouTube atau aplikasi studio youtube, lalu mengubah visibilitas menjadi publik kembali. Maka channel kita akan kembali normal dan dapat ditonton oleh publik.

Adapun jika memang terdesak, kita bisa berusaha dengan mengirimkan masukkan ke team YouTube itu sendiri melalui masukan yang tersedia di studio.youtube.com versi browser ataupun kunjungi support google terkait Mengaktifkan kembali channel yang disembunyikan.

Letak menu nya tepat berada di bawah ikon setting dengan menu chat bergambar tanda seru. Di sana kita bisa mengirimkan support kepada pihak YouTube atau bertanya yang akan dibalas via email terkait.

Posting Komentar