Jasa Edit Foto Pakai Jas Termurah Selengkapnya

Table of Content

Cara Menghemat Kuota Youtube Yang Bisa Kamu Coba

Bagi anda penikmat video YouTube, simak tips menarik cara menghemat kuota untuk menonton video di Youtube.
Saat ini kita sudah sangat mudah untuk mendapatkan banyak informasi dari internet. Terlebih saat ini informasi berbentuk video sudah semakin mudah kita akses dengan hadirnya internet saat ini.

20 tahun terakhir mungkin kita mendapatkan informasi hanya melalui berita di televisi ataupun melalui situs online atau jejaring sosial media seperti Facebook. Dan belum adanya platform video seperti YouTube, Instagram, Tiktok dan sejenisnya.

Sudah tak terbendung lagi kebutuhan akan internet ini dibutuhkan dimana-mana. Teknologi saat ini berkembang begitu pesat.

Cara-cara manusia yang dulu dilakukan secara offline atau face to face dengan bertemu langsung, saat ini sudah bisa dilakukan tanpa tatap muka dan bertemu.

Di samping hal tersebut terdapat juga kendala yang pasti dihadapi oleh kita yang membutuhkan koneksi internet untuk mendapatkan itu semua.

Tanpa adanya koneksi internet, kita tidak bisa mendapatkan informasi, berita, hiburan hingga pendapatan melalui online ini.

Youtube merupakan sebuah platform video online terbesar di dunia. Dimana didalamnya kita dapat menonton video video buatan manusia dari seluruh penjuru dunia.

Untuk dapat menonton video di Youtube kita haruslah terkoneksi dengan internet. Dan mendapatkan koneksi internet untuk perangkat seluler ataupun desktop yaitu diperlukan data atau kuota untuk menjalankan itu semua.

Seperti yang kita ketahui..

Meski internet saat ini mudah diakses, namun tidak pada sebagian orang.

Seperti saya yang berada di sebuah pedesaan yang terpencil, sangat sulit untuk mendapatkan akses internet ini.

Dampak dari mendapatkan koneksi internet melalui WiFi mungkin tidak terlalu terasa bagi pengguna nya, karena hal tersebut terhitung penggunaan internet melalui kecepatan internet nya saja perbulannya.

Sedangkan bagi pengguna reguler internet, akan sangat terbatas. Melihat dari penggunaan internet ini dihitung dari limit volume pemakaian atau yang biasa kita sebut dengan kuota internet, bukan dari kecepatan pemakaian.

Singkatnya, bagi pengguna internet reguler via voucher kuota internet seperti saya dengan kartu perdana, lebih sering mengalami kesulitan ketika mengakses internet. Begitupun masyarakat yang berada di pelosok desa.

Meskipun internet kini sudah dapat menjangkau hingga pelosok desa, namun untuk menikmati teknologi ini kita tetap di bebani bayaran per volumenya. 

Alangkah tetapi, kita tetap perlu mensyukurinya. Meskipun demikian yang penting banyak sedikit kita tetap bisa memanfaatkan internet ini dengan sebaik mungkin.

Kembali pada topik utama pembahasan kita kali ini yaitu gimana sih cara menghemat kuota youtube? 

Oke, saya akan berbagi tips buat sobat team kuota internet via kartu perdana. Supaya bisa nonton YouTube dengan aman tanpa takut kehabisan volume internet.

Langsung aja cek tips cara menghemat kuota youtube dibawah ini. Cekidot!


Cara Menghemat Kuota Youtube Untuk Pemula

Cara Menghemat Kuota Youtube Yang Bisa Kamu Coba

1. Turunkan resolusi video

Untuk menghemat penggunaan kuota internet saat menonton video di Youtube, cara menghemat kuota youtube yang pertama yaitu kita bisa menurunkan resolusi gambar pada video.

Caranya, tap ikon gear ⚙️ atau setting di pojok kanan atas video youtube. Lalu akan muncul pop-up menu dan pilih Lanjutan, di sana kita bisa pilih resolusi video menjadi yang terendah yaitu 144p.

Jika dirasa terlalu burik, pilih saja resolusi sedikit di atasnya 240p. Maka setidaknya ini tidak akan terlalu memakan banyak kuota internet.

Tergantung kebutuhan sobat juga sih, jika hanya untuk mendengarkan podcast atau musik, bisa menggunakan cara ini. Namun jika untuk tutorial atau pembelajaran, cara ini tidak direkomendasikan.

2. Beli paket Youtube

Cara menghemat kuota youtube yang kedua yaitu belilah paket kuota internet khusus hanya untuk YouTube saja.

Cara ini biasanya terdapat beberapa kartu perdana yang menyediakan paket kuota Youtube ini. Jika memang kamu hanya aktif di platform YouTube ini. Dan biasanya kuota utama internet tidak akan terpakai untuk menonton video di Youtube karena kita menggunakan paket internet khusus YouTube.

3. Manfaatkan paket malam

Cara menghemat kuota youtube yang selanjutnya yaitu manfaatkan paket internet malam. Cara ini sebenarnya sangat tidak direkomendasikan.

Karena paket internet hanya dapat kita gunakan saat malam hari, dan biasanya mulai dari pukul 00:00 - 06:00 

Dimana waktu tersebut adalah waktu untuk tidur atau untuk beristirahat. Terkecuali memang sedang dalam keadaan urgensi atau memang hari libur.

4. Beli paket kuota unlimited

Saat ini sudah ada beberapa kartu perdana internet yang menyediakan layanan paket internet dengan kuota unlimited. Dimana kita dapat menggunakan internet sepuasnya dan dihitung menggunakan kecepatan Mbps (Mega Byte per Second/detiknya) layaknya WiFi.

Eitss.. tapi jangan senang dulu

Memang keren sih, namun alangkah baiknya kita cek terlebih dahulu, apakah daerah kita support dengan fitur jaringan paket internet tersebut? Terkadang faktor smartphone pun berpengaruh (curhat pengalaman).

Jadi jangan sampai salah beli, hingga kamu menyesal setelah membeli paket internet tersebut. Dimana kamu tidak bisa menggunakan paket internet tersebut, karena mungkin jaringan tersebut belum support di daerah kamu atau biasanya koneksi smartphone mu belum me mumpuni. Intinya, mendengarkan radio lebih aman sob hehe

5. Cari WiFi tetangga

Cara menghemat kuota youtube yang terakhir menurut kami yaitu coba iseng-iseng keliling rumah sambil menyalakan Wi-Fi di Hp. Lalu buka pengaturan WiFi, biasanya terdapat list nama-nama nirkabel dari WiFi tetangga.

Kita bisa iseng-iseng coba tanya tetangga tersebut, apakah beliau menggunakan WiFi? Jika iya kamu bisa minta join seperti minta kata sandi pada anaknya atau mungkin tetangganya yang lain ada yang tau password-nya.

Ataupun kita bisa menawarkan untuk ikut iuran WiFi bersamanya dan mendapatkan koneksi internet.

Cara terakhir inipun bisa kita lakukan dengan mengunjungi cafe-cafe terdekat yang biasanya menyediakan free Wi-Fi.


Akhir Kata

Oke sobat outor, begitulah cara menghemat kuota youtube ala kami. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk support channel YouTube OUTOR ID dengan menonton video tutorial edit foto, subscribe, like dan share.

Posting Komentar