Jasa Edit Foto Pakai Jas Termurah Selengkapnya

Table of Content

Cara Memperpendek Link Google Form Dengan Mudah

Berikut cara memperpendek link google form dengan gratis yang bisa kamu coba untuk memperpendek URL dari google form atau link panjang lainnya.
Outor.id - Cara memperpendek link google form gratis bisa kita gunakan dengan berbagai cara. Saat ini sudah banyak situs yang menyediakan pemendek link atau URL yang sangat panjang, contohnya seperti link dari google form.

Namun ada beberapa pemendek link URL dengan berbayar, dimana kita bisa mengkustom link tersebut sesuai keinginan kita.

Adapula URL Shorteners yang bisa menghasilkan uang, namun jika keperluan yang kita butuhkan untuk kepentingan seperti organisasi atau komunitas, tentu hal ini tidak disarankan, karena akan mempersulit pengakses, karena akan dimunculkan banyak iklan.

Namun jangan khawatir, outor id kali ini akan membagikan cara memperpendek link google form gratis yang bisa kamu coba, baik melalui aplikasi maupun online di hp tanpa aplikasi.


Cara Memperpendek Link Google Form Gratis

Cara Memperpendek Link Google Form Gratis

Sebagaimana yang telah saya sebutkan di atas, ada banyak penyedia URL Shorteners baik via aplikasi maupun via website.

Jika kebutuhan kita akan pemendek link ini banyak dan sering, maka saya menyarankan untuk menggunakan aplikasi URL Shorteners gratis. 

Karena supaya kita tidak perlu repot-repot bulak balik ke browser dan meload situs tersebut. Atau bahkan mungkin situs tersebut tertutup atau tab close dan kita perlu mencari ulang link pemendek URL nya.

Oke pada tutorial cara memperpendek link google form gratis ini kita akan menggunakan pemendek URL made ini Indonesia, yaitu s.id/ pemendek URL ini sangat bagus, karena masih terdapat banyak slot nama yang bisa kita kustom untuk link yang kita buat.

Ada pula link Shorteners seperti bit.ly, mungkin situs ini sangat populer, namun karena populernya dan mudah digunakan, situs bit.ly ini jika kita gunakan, biasanya kustom name nya rata-rata sudah dipakai oleh banyak pengguna.

Fitur Penyingkat Tautan s.id

  1. Microsite (Beta): Fitur microsite ini baru, dimana kita bisa membuat mini website dengan tampilan kustom dan menempelkan banyak link pada situs mini tersebut. 
  2. Manajemen tautan: Dengan manajemen tautan ini kita bisa membuat nama kustom link agar mudah diingat oleh para pengunjung.
  3. Statistik: Dengan data statistik memungkinkan bagi kita pemilik link URL melihat performa dari link yang kita bagikan ke internet.
  4. Tampilan ramah ponsel: Dengan tampilan ramah ponsel memudahkan user untuk menggunakan fitur ini baik dengan desktop maupun via ponsel.

Oke, langsung saja kita menuju tutorial cara memperpendek link google form gratis dibawah ini sampai habis.


Cara Memperpendek Link Google Form di Hp Tanpa Aplikasi

1. Kunjungi situs s.id

Seperti yang saya katakan barusan, kita akan memperpendek link google form dengan situs s.id

Situs pemendek link ini gratis dan dimiliki oleh domain .id alias domain Indonesia. Kamu bisa langsung memendekkan link url yang kamu miliki pada beranda. 

Namun untuk mengkustom nama URL mu, cont: s.id/ContohForm maka kita diharuskan untuk daftar atau log-in menggunakan akun google atau akun U.ID

2. Login

Untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak maka sebaiknya kita login menggunakan akun google / gmail. Lalu centang semua Syarat & Ketentuan yang diberikan dan klik lanjutkan.

3. Buat URL Shorteners

Setelah berhasil login, maka kita akan berada di Dashboard utama. Untuk memperpendek link google form, maka tap saja menu sebelah kiri, lalu pilih Tautan.

Cara Memperpendek Link Google Form Gratis

Paste link google form yang telah kita copy sebelumnya. Untuk meng-copy link dari google form, kita tinggal cari saja link bagikan pada google form, lalu salin tautan.

4. Kustom Link Google Form

Setelah menempelkan atau paste link google form, maka secara otomatis link akan berubah menjadi pendek. Namun permasalahannya, link pendek berupa kumpulan huruf dan angka yang sulit di ingat. 

Cara Memperpendek Link Google Form Gratis

Maka dari itu di sini kita akan mengubah link pendek tersebut menjadi kustom seperti yang kita inginkan. Caranya, setelah link google form menjadi pendek, tap ikon pensil ✏️ untuk mengedit nama link tersebut.

Lalu ketikan nama URL yang mudah diingat, namun disini kita tidak bisa menggunakan spasi. Contohnya, s.id/AbsenSiswa

Jika sudah tap ikon ceklis. Maka link google form sudah menjadi pendek, kustom dan mudah diingat.

Lakukan cara ini berulang-ulang, jika kita ingin membuat link url google form yang baru maka buat link pendek baru lagi dengan nama link yang berbeda. Jadi nama yang telah anda gunakan sebelumnya, tidak bisa digunakan kembali.

Dan apabila ketika mengkustom name link berwarna merah, maka link tersebut sudah pernah digunakan. Jadi kita harus membuat nama lain yang berbeda.

Setelah itu anda bisa langsung membagikan link dan melihat statistik dari link yang anda miliki, sudah berapa banyak orang yang mengklik tautan tersebut.


Cara Memperpendek Link Google Form Gratis Menggunakan Aplikasi

Bagi anda yang malas menggunakan pemendek URL menggunakan browser, anda bisa menggunakan pemendek URL via APK. Berikut daftar aplikasi pemendek link google form gratis:
  1. URL Shortener | download
  2. Top URL Shortener | download
  3. Bitly | download
  4. Foxlink | download

Dan masih banyak lagi yang bisa kamu coba. Jika kalian ingin menggunakan penyingkat link ini berikut kode QR, kalian bisa menggunakan aplikasi Foxlink, aplikasi tersebut menyertakan barcode yang bisa di scan.

Akhir Kata

Oke sobat outor, itulah cara memperpendek link google form gratis di hp tanpa aplikasi yang bisa sobat coba semua.

Karena jika link dari google form tidak kita pendek kan, maka akan menyulitkan bagi pengguna untuk mengingat link google form.

Dengan memperpendek URL Google Form, memudahkan kita mengingat link tersebut untuk di ketikkan di pencarian secara online.

Posting Komentar