Jasa Edit Foto Pakai Jas Termurah Selengkapnya

Table of Content

Cara Mengatasi File Corrupt Mudah Tanpa Ribet

File yang corrupt bisa diakibatkan karena beberapa hal misalnya seperti kesalahan ketika mendownload atau file tersebut mengandung virus.
File yang corrupt bisa diakibatkan karena beberapa hal misalnya seperti kesalahan ketika mendownload atau file tersebut mengandung virus. Cara mengatasi file corrupt bisa dilakukan dengan beberapa cara dari yang termudah sampai yang rumit untuk dilakukan.

File yang corrupt seringkali terjadi karena melakukan unduhan yang terganggu baik oleh jaringan maupun kesalahan lain yang tidak terduga. Maka dari itu apabila anda melakukan unduhan file apalagi yang berukuran besar sebaiknya pastikan jaringan aman terlebih dahulu.  

4 Cara Mengatasi File Corrupt

Cara Mengatasi File Corrupt Mudah

Tentunya untuk mengatasi file corrupt Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus meminta bantuan pada tenaga teknis ataupun jasa servis. Agar lebih jelasnya simak berikut ini beberapa cara agar anda bisa mengatasi file yang corrupt.


1. Ubah Format File

Ini merupakan cara untuk mengatasi file yang corrupt paling mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan aplikasi atau software tambahan. Anda hanya perlu mengubah format file dengan melakukan rename dan menambahkan format baru pada akhiran file tersebut.

Misalnya jika anda mengunduh file video berformat MP4 namun tidak terbuka karena terjadi corrupt. Anda bisa ubah format file video tersebut dengan format video lain seperti MKV dengan menambahkan .mkv atau menyesuaikan dengan format yang diinginkan.

Apabila cara tersebut tidak bisa anda lakukan Anda juga bisa menggunakan software converter video ataupun jenis file lain yang mengalami corrupt. Selain menggunakan aplikasi Anda juga bisa menggunakan alat yang terdapat di dalam situs web tertentu.

Misalnya jika Anda mengunduh file dalam bentuk docx namun mengalami corrupt Anda bisa merubahnya menjadi PDF agar bisa dibuka. Anda bisa menggunakan tool PDF converter yang merupakan alat converter PDF yang bisa digunakan melalui web.

2. Buka File Dengan Program Yang Berbeda

Cara ini juga bisa menjadi alternatif untuk membuka file yang corrupt, walaupun file yang corrupt kemungkinan tidak bisa menampilkan file secara penuh. Caranya dengan klik kanan file kemudian pilih open with dan cari aplikasi sejenis untuk membuka file tersebut.

Misalnya video Anda secara default menggunakan pemutar original dari Microsoft namun tidak bisa membuka file yang corrupt. Anda bisa coba membuka file tersebut menggunakan pemutar video lain seperti MPC HC dan lain sebagainya.

3. Gunakan Software

Software yang bisa anda gunakan untuk memulihkan kembali atau memperbaiki file yang corrupt salah satunya adalah software repair tools. Dengan menggunakan software untuk mengunduh dan menginstal software tersebut sampai melakukan proses perbaikan file.

Namun biasanya jika menggunakan software akan membutuhkan biaya untuk membeli fitur software yang full versi. Apabila menggunakan software versi demo saja kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan fitur secara penuh dan tidak bisa melakukan pengecekan maksimal.

4. Lakukan SFC Scan

Program SFC scan yang bisa dilakukan melalui CMD akan melakukan pemindaian dan menemukan file rusak yang corrupt dan memperbaikinya secara otomatis. 

Untuk melakukan pemindaian klik tombol win + R lalu ketik CMD dan ketik sfc/scannow kemudian enter.

Agar tidak membutuhkan waktu lama untuk proses scan Anda bisa menempatkan posisi CMD pada folder file yang corrupt. Tunggu proses pemindaian sampai selesai yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit.


Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi file corrupt yang bisa anda lakukan dari yang paling mudah sampai yang cukup rumit. Dari beberapa cara di atas Anda bisa memilih salah satu yang bisa anda gunakan sebagai alternatif untuk mengatasi atau membuka file yang corrupt.




Post a Comment